Senin, 06 Desember 2010

Sukarno, Presiden R.I. pertama.

Nama Sukarno, Presiden R.I. pertama.

Soekarno lahir di Blitar pada 1 Juni 1901 dengan nama Kusno Sosrodihardjo.

Ketika masih kecil, karena sering sakit-sakitan oleh orang tuanya namanya diganti menjadi Soekarno. Hal seperti ini adalah sudah menjadi kebiasaan bagi orang Jawa. Di kemudian hari ketika menjadi Presiden R.I., ejaan nama Soekarno diganti olehnya sendiri menjadi Sukarno karena menurutnya nama tersebut menggunakan ejaan penjajah (Belanda). Ia tetap menggunakan nama Soekarno dalam tanda tangannya karena tanda tangan tersebut adalah tanda tangan yang tercantum dalam Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang tidak boleh diubah. Sebutan akrab untuk Soekarno adalah Bung Karno.

Di beberapa negara Barat, nama Soekarno kadang-kadang ditulis Achmed Soekarno. Hal ini terjadi karena ketika Soekarno pertama kali berkunjung ke Amerika Serikat, sejumlah wartawan bertanya-tanya, “Siapa nama kecil Soekarno?” karena mereka tidak mengerti kebiasaan sebagian masyarakat di Indonesia yang hanya menggunakan satu nama saja atau tidak memiliki nama keluarga. Entah bagaimana, seseorang lalu menambahkan nama Achmed di depan nama Soekarno. Hal ini pun terjadi di beberapa Wikipedia, seperti wikipedia bahasa Ceko, bahasa Wales, bahasa Denmark, bahasa Jerman, dan bahasa Spanyol.

Sukarno menyebutkan bahwa nama Achmed di dapatnya ketika menunaikan ibadah haji.Dan dalam beberapa versi lain, disebutkan pemberian nama Achmed di depan nama Sukarno, dilakukan oleh para diplomat muslim asal Indonesia yang sedang melakukan misi luar negeri dalam upaya untuk mendapatkan pengakuan kedaulatan negara Indonesia oleh negara-negara Arab.

Dalam disiplin ilmu mahakalashakti; perubahan nama dari Kusno Sosrodihardjo menjadi Soekarno membawa perubahan yang sangat nyata dalam seluruh kehidupannya. Namun tidak demikian ketika mengubahnya menjadi Sukarno; yang justru memberi pengaruh buruk dalam kehidupannya.


Sumber : http://www.arkand.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar